Senin, 27 Februari 2017

Roti Komplit




Selalu saja terkenang masa  lalu setiap kali membeli, melihat dan melahap roti komplit. Mungkin roti ini tak lagi sepopuler puluhan tahun lalu, maklum sekarang banyak sekali roti dan makanan moderen lainnya. Bahkan suami saya saja sering bilang gini “ ini sudah 2017 Dini kok belum bisa pergi dari roti komplit sih”. Meski ngomel-ngomel tetap saja dia baik kalo istrinya minta dibeliin roti berlapis kacang,susu dan srikaya ini pasti di beliin juga.
Mungkin roti ini tak lagi populer, tak lagi seenak dulu dan dianggap makanan yang jarang di bawa sebagai tentengan atau buah tangan saat berkunjung kerumah saudara, juga melihat rekan kerja yang sedang sakit.  Tetapi bagi saya ROTI KOMPLIT itu istimewa dan cerita dibaliknya benar benar lengkap dan komplit.
Saat hamil anak pertama roti komplit adalah makanan pertama yang dinginkan bahkan sampai terbawa mimpi. Anak kedua dan ketiga pun juga. Meski masih banyak  di kawasan rumah kami yang jual, tetapi roti komplit yang ingin dan dirindukan untuk dimakan iyalah roti komplit di kawasan 16 Ilir Palembang, tepatnya itu seberang masjid Agung. Kenapa harus yang itu dan kenapa juga inginnya yang dikawasan itu. Dulu tahun 80 an penjual roti komplit banyak sekali berada di kawasan ini, jadi seandainya habis berbelanja disekitaran pasar 16 Embah Kakung saya selalu meyempatkan membeli roti  untuk cucu kesayangannya, dulu roti komplit termasuk makanan istimewa selain martabak bangka. Sebagai cucu satu satunya, apapun yang diminta selalu di kabulkan. Bahkan karena sering memesan roti komplit si mamang penjual sangat hafal, jadi kalau Embah Kakung saya beli, dia menambahkan lebih banyak  taburan kacang dan srikayanya. Bagian tengah adalah bagian yang paling aku suka, jadi Embah selalu menyisihkan bagian tegah, dikumpulkan dalam satu wadah, sementara bagian lainnya untuk bulek dan paklek saya, kebetulan saat itu mereka masih muda dan remaja, mereka sebagai anak tidak perotes kepada bapaknya, dan mengerti kalau keponakannya selalu menyukai bangian tegah saja.
Roti komplit juga memiliki kenangan tersendiri antara ayah dan anak. Saat kuliah dulu saya juga bekerja paruh waktu sebagai SPG dan penyiar radio. Saat terima gaji pertama, saya senang sekali dan telfon ayah, saya ingin sekali gaji pertama saya bisa dinikmati semua keluarga. Saking senangnya saya langsung telpon ayah dan tanya mau dibeliin apa, eh siaya jawabnya gini “ beliin ayah roti komplit aja Nong”. Itu katanya. Ayah saya emang selalu panggil saya Nonong dri dulu sampai saya setua ini, bahkan ia lupa kalau nama saya sebenarnya itu Novita Candra Taslian Dini. Hehe pernah dulu ada temen kulaih cowok telpon kerumah terus nanya gini “ asalamualaikum pak, Novitanya ada”, eh ayah saya jawab “ siapa Novita, maaf nak salah sambung disini ngak ada nama Novita”. Pas telpon sudah di tutup dia baru sadar kalau anak kesayangannya itu bernama Novita , terus dia bilang gini “ Nong tadi ada temen kamu telpon, tapi ayah lupa nama kamu Novita jadi ayah bilang salah sambung, dan saya juga lupa nanya nama yang telpon tadi siapa”..hadeeeeh si Ayaaah.
Banyak sekali sebenarnya yang ingin di ceritakan disini, tapi sebelum mengetik si air mata pakek acara jatoh ke pipi, padahal orak baru aja mau inget masa lalu...
Heeeeeem....Semoga tenang di surga Embah Kakung dan semoga ayah selalu sehat selalu, dan panjang umur.

2 komentar:

  1. Ya Allah...sdh berapa belasan thn aku gk pernah makan roti komplit ini lagi...😭sejak tdk tinggal di Palembang lg... padahal dulu waktu msh SD smpe SMA msh sering beli dan makannya skr sdh gk pernah lg...jd kepengeeeeenn....😰😰 nanti kalo ke Palembang lg..harus beli pokoknya....

    BalasHapus
  2. Bagai mana ini solusinya...
    Aku pengin sekali makan roti komplit ini.. aku cari2 di jakarta tidak pernh ada yg jual roti ini. Apa karna bawaan orok jd ngelai banget pengen mkn roti komplit. Sedangkan Saat ini saya blm bisa pulang ke palembang.. ��

    BalasHapus